DEWAN KERJA CABANG

Pramuka Kota Semarang


Jl. Prof. Dr. Hamka 234 Ngaliyan, SEMARANG

Menanggapi dan Manfaat Kegiatan Diskusi "Perlukah Dewan Kerja Ada ?"

13 Juni 2020 - 00:46:40

 

Gambar Ilusstrasi 

UnitJurnalistik - Pramuka Kawatir Daerah (Kwarda) Sulawesi Tenggara mengadakan kegiatan Forum Online Kepramukaan Sultra (Fokus). Kegiatan tersebut dilaksanakan menggunakan media aplikasi Zoom yang dilaksanakan dalam beberapa episode. Salah satu episode materi yang menarik ialah "Perlukah Dewan Kerja Pramuka Penegak/Pandega Ada ?" yang dilaksanakan pada Kamis, (11/6) pukul 20.00 WITA.


Fokus pembahasan dalam diskusi tersebut adalah tentang awal mula sejarah pembentukan dan tugas dewan kerja. Hal tersebut disampaikan oleh moderator kegiatan Aryo Wira Setiawan dalam pembukaan forum.

"Sesungguhnya kalau berbicara tentang dewan kerja, apa yang sebenarnya diinginkan oleh pembentuknya?", paparnya dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, mendatangkan Jainudin Ladansa, Pelatih dari Pusat Pendidikan dan Latihan Nasional sebagai pembicara.

Jainudin dalam awal paparanya menyebut bahwa peran dewan kerja sangat diperlukan oleh kwartir.  Selain itu beliau juga menyampaikan mengenai tugas dewan kerja untuk membantu kwartirnya dan melaksanakan pembinaan terhadap pramuka penegak/pandega.

"dewan kerja itu perlu bagi kwartir, selain membantu kwartir juga sebagai wadah pembinaan di tingkatannya", sampainya.

Selanjutnya, Jainudin juga menegaskan bahwa hadirnya dewan kerja diarahkan untuk meneruskan kaderisasi dilingkungan kwartir. Beliau juga mengharapkan antara dewan kerja dan kwartir bersama-sama bertugas melaksanakan kegiatan, khususnya di golongan penegak/pandega.

"Dewan kerja ini akan menjadi tongkat estafet
dari pengurus kwartir, jadi perlu diberi tanggumgjawab mengurus pramuka minimal digolongannya", tegasnya.

Terlepas dari tugas dan peran dewan kerja tersebut, Jainudin menilai bahwa masih banyak praktik di lapangan tidak sesuai dengan aturan antara kwartir dan dewan kerja. Beberapa hal tersebut salah satunya adalah porsi dewan kerja terlalu besar dalam bertugas membantu kegiatan di kwartir, hal ini menurut Junaidi kurang sesuia dengan tujuan pembentukan dewan kerja dalam peran dan pendidikanya.


"Kadang pelaksanaanya tidak sesuai dengan nilai-nilai pembentukan dan pendidikan di pramuka penegak/pandega".

bagaimana tanggapan mengenai kegiatan ini?

Menanggapi di selengarakanya kegiatan ini, Ketua Dewan Kerja Cabang (Dkc) Kota Semarang, Putri Ratna Sari menyampaikan bahwa diskusi sangat menarik dan hal tersebut jarang untuk dibahas.

"Diskusi kayak gini menarik sih, apalagi judulnya, bikin auto gemes", sampainya saat dikonfirmasi.

Putri juga memberikan tanggapan terkait  apa yang disampaikan dalam diskusi tersebut. Menurutnya hal-hal yang berkaitan dengan tugas, tanggungjawab dalam melaksanakan kegiatan di pramuka penegak/pandega sudah sesuai dengan Peraturan.
Selain itu peran dewan kerja untuk meneruskan kaderisasi di tingkat kwartir sudah terbukti tepat dan terlaksana. 

"Secara garis besar sudah sesuai aturan dan implementasi, Kak Zainal Eks Ketua Dkc sekarang jadi andalan urusan T/D".

Selain beberapa hal diatas Putri memaparkan ada beberapa manfaat yang dapat diambil dalam kegiatan Fokus tersebut, terkhusus bagi anggota Dkc. Manfaat tersebut yaitu pengurus Dkc mampu menyelesaikan tugas dengan tuntas dan amanah. Selain itu diharapkan pengurus mampu melaksanakan kegiatan secara berimbang, baik di kwartir atau di pangkalan.

Sekedar informasi Kegiatan Fokus yang diselenggarakan pramuka Sulawei Tenggara tersebut dapat diakses dan saksikan melalui Channel Youtube Gerakan Pramuka melalui link https://youtu.be/VNaVhfoWbG .

 

By : UnitJurnalistik

2
GTT Ubaloka 2020
15 Maret 2020 - 17:27:28
4
Muspanitra 2019
01 Desember 2019 - 07:29:48
5
Pendaftaran Pertimakalpataru dan GWSHM 2019
24 September 2019 - 13:16:31
7
Raimuna Cabang V
11 Juli 2019 - 16:18:45