DEWAN KERJA CABANG

Pramuka Kota Semarang


Jl. Prof. Dr. Hamka 234 Ngaliyan, SEMARANG

Bertepatan dengan Peringatan Maulid Nabi, Unit Jurnalistik adakan Latihan Menulis Berita.

29 Oktober 2020 - 13:50:30

Unit Jurnalistik Dharmamediatama Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Semarang mengadakan kegiatan peltihan dasar-dasar menulis berita. Kegiatan dilaksanakan pada kamis, (29/ 10) dengan memanfaatkan aplikasi zoom. Menurut pantauan dari aplikasi tersebut,  terdapat 18 peserta dan pemateri yang hadir pada pelatihan ini.

Adapun pemateri  pelatihan ini adalah Dosen Universitas PGRI Semarang  Ahmad Rifai dan Ika Septiana yang sekaligus  Andalan Bina Muda Kwarcab Kota Semarang.

Pemateri pertama Ahmad Rifai menyampaikan mengenai dasar-dasar menulis berita, mulai dari pengertian, struktur, nilai, unsur, jenis-jenis dan kode etik menulis berita. Rifai juga menyampaikan cara menulis dan bagaimana membuat berita yang tepat.

Adapun pemateri kedua Ika Septiana melanjutkan apa yang telah disampaikan oleh pemaeteri pertama. Ika menyampaikan titik berat dan bagaimana focus untuk menulis berita secara detail.

Salah satu hal yang disampaikan adalah bagaimana menulis berita dengan rumus 5W+1H dengan model piramida terbalik. Dimana ketika menggunakan model tersebut bagian terpenting dari berita atau informasi berada di bagian atas.

“pastinya menulis berita itu menggunakan rumus 5w=1h dan model piramida terbalik banyak digunkan dalam menyusun struktur berita”, sampainya saat menyampaikan materi.

Selain itu Ika berpesan kepada temen-teman pramuka dalam kegiatan ini untuk menumbuhkan minat dan mulai menulis. Untuk mulai menulis bisa dilakukan dengan hobi atau kebiasaan. Seperti menulis catatan harian, puisi, cerpen atau lainya.  Menurutnya pramuka mempunyai potensi yang besar di bidang penulisan apabila secara rutin mau mengasah dan mengembangkan keterampilan menulis.

“adik-adik bisa mulai menulis dengan sesuatu yang digemari, misalnya menulis puisi, cerpen atau yang lain. Pramuka itu potensinya besar apalagi kalau mau mengasah keterampilan”, pesanya.

Setelah menyampaikan materi Ika memberi tugas kepada peserta untuk menulis sebuah tulisan. Ika berharap salah satu tulisan yang dihaisilkan teman-teman dapat dipublikasikan di media masa.